Selasa, 19 Juni 2012

Analisis Gravimetri

Pembahasan kali ini adalah mengenai  Analisis Gravimetri.
Baiklah mari kita mulai....


Analisis gravimetri atau analisis kuantitatif berdasarkan bobot  adalah proses isolasi serta penimbangan suatu unsur atau senyawa tertentu dari unsur tersebut, dalam bentuk semurni mungkin.
Unsur atau senyawaan itu dipisahkan dari suatu porsi zat yang diselidiki, yang telah ditimbang.
Sebagian besar penetapan-penetapan pada analisis gravimetri menyangkut perubahan unsur atau radikal yang akan ditetapkan menjadi sebuah senyawa yang murni dan stabil, yang dapat dengan mudah diubah menjadi satu bentuk yang sesuai untuk ditimbang.
Lalu bobot unsur atau radikal itu dengan mudah dapat dihitung.


Terdapat beberapa macam metode dari Gravimetri. Metide pemisahan atau senyawaan yang mengandungnya dapat dicapai dengan beberapa metode, yaitu:
  • pengandapan
  • metode penguapan atau pembebasan (gas)
  • metode elektroanalisis, dan
  • metode ektraksi dan kromatografi.
 
Metode pengendapan
 Bahan yang akan ditetapkan, diendapkan dari dalam suatu larutan dalam bentuk yang begitu sedikit dapat larut, sehingga terjadi kehilangan yang berarti bila endapan dipisahkan dengan menyaringnya dan ditimbang. Faktor-faktor yang menentukan analisis dengan pengendapan.
  1. Endapan harus begitu tidak dapat larut, sehingga tak akan terjadi kehilangan yang berarti, bila endapan dikumpulkan dengan menyaringnya. Dalam praktek, ini biasanya berarti bahwa jumlah zat itu, yang tetap tertinggal dalam larutan, tak melampaui jumlah minimum yang terdeteksi oleh neraca analitik biasa, yaitu 0,1 mg.
  2. Sifat fisika endapan harus sedemikian, sehingga endapan dapat dengan mudah dipisahkan dari larutan dengan penyaringan, dan dapat dicuci samapi bebas dari zat pengotor yang larut. kondisi ini menuntut partikel berukuran besar sehingga tak lolos melalui medium penyaring
  3. Endapan harus dapat diubah menjadi suatu zat yang murni dengan komposisi kimia tertentu. ini dpat dicapai dengan cara pemijaran atau dengan cara penguapan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar