Rabu, 20 Juni 2012

Titrasi

Let's start again with me... learn something about Titrasi.





Titrasi merupakan metode analisa kimia secara kuantitatif yang biasa digunakan dalam laboratorium untuk menetukan konsentrasi dari  reaktan. Karena pengukuran volume memainkan peranan penting  dalam titrasi , maka teknik ini juga dikenal dengan analisia volumetrik.

Tirasi adalah Suatu metode penentuan kadar (konsentrasi) suatu larutan dengan larutan lain yang telah diketahui konsentrasinya. Tujuannya untuk menentukan kadar dengan cara larutan lain yang diketahui kadar lain.Analisis Volumetri (Titrimetri) adalah Metode analisis kuantitatif untuk menentukan kadar dari zat uji / sempel berdasarkan volume pereaksi yang sudah diketahui konsentrasinya. Proses pengerjaannya disebut TITRASI.Suatu reaksi dapat digunakan sebagai dasar untuk melakukan analisis Volumetri, apabila memenuhi syarat-syarat sebagai berikut :



1.       Reaksi harus berlangsung cepat2.       Reaksi harus sederhana dan dapat diketahui dengan pasti (perbandingan diketahui)3.       Reaksi harus berlangsung sempurnaReaksi yang digunakan untuk titrasi dinamakan Titran atau Titer atau larutan baku sekunder (larutan yang konsentrasinya tidak diketahui secara tepat) . konsentrasi larutan ini dapat ditentukan dengan titrasi. Pembakuan / standarisasi.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar